Pagelaran Sabang Merauke Kembali Digelar Tahun Ini, Libatkan Sederet Musisi Ternama Indonesia
12 Juli 2023

PT iForte Solusi Infotek (iForte) dan BCA berkolaborasi untuk jadi inisiator dari pertunjukan seni dan budaya; Pagelaran Sabang Merauke. Sebuah acara syukuran bersama ratusan seniman pertunjukan di Yogyakarta pun digelar secara khusus untuk menyambut event yang rencananya bakal digelar tahun 2023 ini.

CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso mengatakan berkaca dari beberapa kali penyelenggaraan pagelaran sebelumnya, juga antusiasme masyarakat yang demikian besar, iForte berkomitmen untuk kembali menggelar Pagelaran Sabang Merauke pada tahun ini untuk terus memberikan ruang serta dukungan terhadap dunia pertunjukan seni dan budaya Indonesia. Pagelaran Sabang Merauke dinilai sebagai sebuah pertunjukan yang mampu memperlihatkan harmonisasi seni dan budaya dari seluruh Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Pagelaran Sabang Merauke dengan live performance, menggabungkan berbagai seni musik dari lagu daerah dan lagu nasional, tarian tradisional dan modern, busana khas daerah dan etnik Indonesia, akan mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda untuk semakin mencintai berbagai budaya warisan leluhur bangsa indonesia.

"Pagelaran Sabang Merauke bukan sekadar pertunjukan seni dan budaya, namun di dalamnya juga mengusung semangat persatuan yang akan selalu relevan bagi kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya untuk generasi muda Indonesia. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda," ujar Aming di Yogyakarta, pada Jumat (9/6).

Sebagai informasi, Pagelaran Sabang Merauke pertama kali digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada Februari 2022 yang kemudian berlanjut di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada awal Juni 2022. Menuai respon positif, pertunjukan ini kemudian kembali diselenggarakan pada November 2022 di Ciputra Artpreneur. Di setiap pertunjukannya, Pagelaran Sabang Merauke selalu melibatkan ratusan seniman pertunjukan, baik tradisional maupun nasional, untuk menyuguhkan berbagai seni budaya Indonesia.